Menikah

Hi, been long time no writing !!!
Sedang penat dengan urusan kuliah, plus topik ditulisan ini dirasa perlu aku post di blog.

-Menikah-



Di usia yang udah 20an ini bukan hal tabu buat kita sebagai perempuan Indonesia untuk menikah. Jujur aja orang-orang terdekat udah ada yang tanya "kapan nikah?" ke aku. Pertanyaan-pertanyaan itu makin sering aku terima setelah maraknya tren tunangan ataupun nikah muda, huft. Aku seneng kalo ada teman ataupun sodara yang udah nikah di usia muda atau mungkin udah ada rencana untuk menikah, karena apa? Mereka hebat, they make something big in their lives. Menikah itu bukan main-main, dalam hidup pastinya cuma pengen nikah sekali aja kan?. Ya, bagi aku pribadi, mungkin bagi kebanyakan orang juga nikah itu bukan sekedar melakukan pesta besar nan mewah, tapi menikah juga harus memikirkan masa depan baru yang akan dijalani oleh setiap pasangan.

Sebagai seorang muslim, tentu aku juga ingin melengkapi ibadah aku dengan cara menikah, tapi gak semua orang jalannya sama. Jadi please buat yang kepo, jangan sering tanya "kapan nikah?" terus woi, setiap orang punya alasan sendiri kenapa dia belum nikah, ataupun kenapa dia nikah muda. Aku masih kuliah, dan lagi pusing-pusingnya. To me, I am too young to get married, aren't I? Usia emang gak nentuin kedewasaan seseorang, nah dari sanalah aku ngerasa walaupun bagi kebanyakan orang usia 20an udah cukup dewasa untuk nikah, tapi aku sendiri masih ngerasa childish. I can't imagine the life after marriage, satu yang aku tau, tanggung jawabnya besar.

Menikah itu bukan masalah muda atau tua, tapi menikah itu siap atau ngga, menurutku. Kesiapan di sini ga cuma masalah finansial, tapi juga mental. Setiap orang punya cara sendiri buat jalanin hidup mereka, jadi jangan saling menghakimi keputusan orang lain, toh baik dan buruknya mereka sendiri yang akan tanggung.

Bagi kalian yang udah atau mau nikah, selamat kalian hebat. Bagi kalian yang masih asik dengan kehidupannya sendiri, atau udah pengen nikah tapi belum dapet pasangannya, jangan berkecil hati, there are so much things you can do! Every single person has their own path. Kalo masih banyak yang tanya "kapan nikah?" jawab, "kasih dong pasangannya", atau "kasih dong biayanya", nikah gak murah, apalagi disertai gengsi beuhhh, wkwkwk lol.

You are worthy, instead of thinking what people say, what people want, you better enjoy your life!
Segitu aja, thanks.

Comments

Popular Posts